OHU (Open House Unit) ITB

Kegiatan OHU tahun 2008 di ITB saat ini begitu meriah. OHU adalah singkatan dari Open House Unit, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 72 Unit Kegiatan yang ada di ITB. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru ITB sekaligus memperkenalkan unit-unit kegiatan yang ada di ITB. Unit yang ada di ITB bisa dikategorikan ke dalama tiga kategori. Yang pertama adalah unit Seni dan Kebudayaan, yang kedua adalah Unit Olahraga dan Pengembangan Diri dan yang ketiga adalah unit Keagamaan.

Acara OHU ini dibuka dengan adanya pawai dari semua Unit yang ada. Mahasiswa bisa melihat bahwa unit di ITB begitu banyak, dan mungkin kebanyakan orang akan bingung untuk memilih unit apa yang akan diikuti karena Unit di ITB begitu banyak dan menarik. Salah satu rangkaian kegiatan yang ada di OHU ini adalah penampilan dari masing-masing Unit kesenian dan kebudayaan. Mahasiswa di ITB bisa melihat kebaragaman budaya yang ada di Indonesia khususnya di ITB. Kebudayaan tersebut ada yang berasal dari Aceh sampai Papua, walaupun tidak semua kebudayaan yang ada di Idonesia di tampilkan saat acara ini.

Hal yang ingin saya soroti di acara ini adalah tentang begitu banyak perbedaan budaya yang begitu menarik dan indah dalam acara ini. Setiap mahasiswa dari unit kebudayaannya masing-masing menampilkan perpormance yang menarik dan menghibur. Saya sempat terpana melihat beberapa penampilan seni dari suatu daerah dan juga ada kolaborasi antara unit seni dan kebudayaan. Saat takjub melihat itu semua, saya ingat suatu surat dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 13.

Saya ingat bahwa dengan adanya perbedaan kebudayaan dan seni, maka kita bisa lebih mengenal satu dengan yang lainnya. Perbedaan yang ada itulah yang memberikan warna dan saling melengkapi dalam hidup kita. Kalau kita bayangkan, sangatlah tidak menyenangkan jika kehidupan kita tidak ada perbedaan budaya maupun perbedaan dalam hal keahlian, pendapat, perbedaan suku, warna kulitm perbedaan bahasa, dan lainnya.

Saya juga bisa mengambil satu esensi dari adanya acara OHU ini. Saya merenung saat melihat begitu banyak orang yang memiliki banyak keahlian pada bidang olahraga maupun bidang hobi tertentu. Yaitu setiap manusia telah diciptakan dengan Unik, manusia mempunyai keahliannya masing-masing. Ada manusia yang diciptakan lebih dalam hal keahlian berolahraga, ada juga yang diciptakan mempunyai kelebihan dalam hal keseniada dan kebudayaan, ada yang mempunyai keahlian dalam hal akademis. Semua itu membuat saya berfikir bahwa saya juga harus bisa profesional dalam bidang yang saya tangani, terutama dalam bidang Teknologi dan Sistem INFORMASI. Dunia tidak menuntut manusia untuk bisa segalanya, tapi kita hanya dituntut untuk profesional dalm bidang yang kita tekuni.

 

 

Explore posts in the same categories: Artikel Saya

One Comment on “OHU (Open House Unit) ITB”

  1. ibnualim Says:

    sejauh ini aku masih setuju


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: